Inilah Bahaya Mengkonsumsi Mie Campur Nasi



Pernahkah kalian memakan mie dicampur dengan nasi? Jika itu pernah atau bahkan sering segeralah menguranginya karena dengan memakan mie dengan nasi itu dapat membahayakan tubuh.

Bahaya mie instan dicampur nasi sudah sering di dengar oleh banyak masyarakat indonesia, hanya saja masyarakat indonesia mengabaikan dan cenderung tidak mau tahu lebih dalam apa yang di maksud memakan mie instan dicampur nasi, sehingga banyak masyarakat menjadikan mie instan sebagai teman nasi.

Kenapa Makan Mie Instan Di Campur Nasi Itu Bahaya?

Nasi adalah sebagai bahan makanan pokok bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merupakan sebagai karbohidrat pertama, yang dalam hal ini sebanding dengan tepung, tepung yaitu bahan utama dari mie instan. Sedangkan asupan kalori yang kita konsumsi per hari idealnya adalah sekitar kurang lebih 1200 hingga 1400 kalori yang faktanya sudah cukup dipenuhi oleh asupan tiga kali makan nasi setiap harinya karena dalam sekali makan, nasi rata-rata sudah memiliki sekitar 400 kalori.

Nah kemudian dimana letak bahaya mie instan campur nasi? Tentu saja dari kadar kalori yang dikandung tepung, bahan utama mie instan yang jelas-jelas sebanding dengan kalori yang terkandung di dalam nasi. Kesimpulannya jika kita mengonsumsi nasi dan mie instan sekaligus, maka dengan sekali makan saja asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita sekita 800 sampai 900 kalori. Itu sungguh berlebihan bagi tubuh kita. 

 
Dengan mengkonsumsi mie instan dicampur dengan nasi itu memang akan membuat kenyang di perut. Tapi menurut ahli Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., dengan mencampur dua jenis makanan itu akan dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh kita. 

Selain itu menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, kebiasaan mengkonsumsi mie dicampur dengan nasi hanya akan membuat tubuh kalian terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Tubuh akan kekurangan gizi lain seperti : Mineral, Protein, Vitamin, dan Lemak.

Mengkonsumsi Mie Instan Dicampur Nasi Dapat Mengakibatkan Obesitas Hingga Diabetes?

Dengan mengkonsumsi nasi secara berlebihan saja setiap harinya bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh kita menjadi naik dan hingga akhirnya menimbulkan satu penyakit yang banyak di alami oleh masyarakat indonesia yaitu Diabetes, terlebih lagi jika kita mengkonsumsi mie dicampur nasi bisa bayangkan berapa tingginya kadar gula kita yang naik.

Selain dapat mengakibatkan diabetes bahaya mengkonsumsi mie instan dicampur nasi bisa juga mengakibatkan penyakit obesitas atau kelebihan berat badan baik terjadi pada laki-laki ataupun perempuan.

Jika dilihat dari kandungan kalorinya tentu saja sudah sangat jelas bahwa bahaya mie instan campur nasi jelas berdampak pada berat badan. Gawatnya, jika seseorang sudah terkena obesitas, maka peluang penyakit lain untuk datang pun semakin terbuka luas.

Berbagai penyakit berat seperi penyakit jantung dan asma akut itu sering terjadi pada orang-orang dengan berat-badan berlebihan atau obesitas ini. oleh karenanya yang harus kita cegah sejak awal adalah jaga berat badan ideal agar tetap stabil dan tidak sampai terserang obesitas.

 Menjaga berat badan agar tetap stabil tersebut salah satunya adalah dengan tidak mencampur mie instan dan nasi untuk dimakan sekaligus. Selain karena persoalan karbo dan kalori, bahaya mie instan campur nasi pun disebabkan kandungan gizi yang dikandung oleh keduanya [nasi dan mie instan] hampir tidak ada. Oleh karenanya kita memerlukan makanan lain yang memenuhinya seperti sayur dan daging, kalau tidak tubuh kita tidak bisa mendapatkan asupan gizi yang seharusnya. Jadi jelaslah bahaya mie instan campur nasi mulai saat ini harus kita sikapi dengan lebih serius.


Itulah bahaya dari mengkonsumsi mie instan dicampur dengan nasi semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini agar orang orang disekitar kita tahu akan bahayanya mengkonsumsi mie dicampur dengan nasi.

Sekian terimakasih

0 komentar