Dampak positif dan dampak negatif kopi untuk kesehatan tubuh

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh itu ada dan tentu ada pula bahaya kopi yang ternyata bisa merugikan kesehatan tubuh kita sendiri oleh karena itu disaran kan untuk tidak meminum atau mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Salah satu contoh manfaat kopi ialah kopi dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit batu ginjal, Tapi terlalu banyak mengkonsumsi atau minum kopi juga dapat memberikan dampak negatif atau efek negatif yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Masyarakat indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kopi, kopi termasuk minuman populer yang banyak peminatnya dari kalangan muda sampai lanjut usia. Kopi mengandung kafein, kafein adalah zat alkaloid yang ditemukan pada berbagai jenis tanaman seperti tanaman Kopi, teh dan lain sebagainya. Kafein digunakan sebagai perangsang kerja pompa jantung dan dapat meningkatkan produksi urin. 

manfaat dan bahaya kopi kafein bagi kesehatan

Manfaat Kopi bagi kesehatan



Kopi dapat meredakan sakit kepala

Kopi juga dapat membantu kita meredakan sakit kepala, kenapa?, itu karena kopi yang mengandung kafein dapat membantu meningkatkan efek obat obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Banyak obat obatan sakit kepala yang mengandung zat kafein dalam jumlah kecil. 

Meningkatkan stamina tubuh

Kopi memiliki zat senyawa kafein yang tinggi. Adenosin (adenosin ialah senyawa yang dalam sel otak dapat membuat orang cepat tidur) dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. 
Kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel pada tubuh, tapi kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi merasakan mengantuk, tetapi muncul perasaan segar lebih lama, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang dan tekanan darah naik, otot-otot pun berkontraksi dan hati akan melepaskan gula ke aliran darah yang akan membentuk energi extra.


Baca juga : 

Ampas kopi yang sangat baik untuk mengencangkan wajah

Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat dari ampas kopi dan ternyata ampas kopi bisa digunakan untuk kecantikan pedicure dan manicure ampas kopi juga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit pada wajah. 
Telah banyak yang merasakan hasil dari ampas kopi bagi wajah, kopi mempunyai perang penting bagi kecantikan. Cukup dengan membuat ampas kopi sebagai masker, maka dapat menambah kekencangan kulit sehingga menjadikannya lebih mudah terawat. 

Kopi untuk manicure dan pedicure

Selain untuk mengencangkan kulit wajah ternyata kopi dapat digunakan juga untuk meningkatkan kekecangan pada kulit tubuh serta untuk membantu penjaga penuaan dini. Cocok untuk para wanita dan pria yang ingin memelihara kulit tubuhnya dari penuaan dini dan menjadikan kulit tetap sehat dan bercahaya.

Meningkatkan mood 

Saat mood kita kurang bagus sebaiknya kita meminum kopi. Banyak orang yang tidak sadar kalau dengan meminum kopi kita menjadi lebih bergairah dan ceria.
Kopi memang salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood pada seseorang tidak hanya itu saja ia juga dapat memberikan efek kerelasi pada kebahagiaan. Untuk para abg yang sedang mempunyai permasalahan dengan mood bisa di coba nih untuk mengkonsumsi kopi tapi jangan berlebihan yaa :D.

Membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes

Proses penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogemat pada kopi membantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan bahwa seorang yang memiliki penyakit diabetes dengan meminum kopi dapat turun sebesar kurang lebih 50%. 

Kopi bisa mencegah anda dari penyakit Alzheimer dan parkirson

Alzheimer adalah salah satu penyakit penurunan kemampuan daya ingat penyakit sangat umum dan salah satu penderita ialah lansia (lanjut usia) kisaran umur 55 tahun keatas. Parkirson terdapatnya degenerasi pada sel saraf pada bagian otak tengah yang berfungsi mengatur pergerakan. 
Beberapa penelitian menunjukan bahwa kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit alzheimer, 65% orang yang mengkonsumi kopi lebih enda terkena alzheimer dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.

Bahaya kopi bagi kesehatan tubuh


Menimbulkan gejala sakit maag 

Karena meminum kopi dapat membuat asam lambung kita berlonjak naik itu sebabnya orang yang sudah menderita penyakit maag untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi ataupun kafein.

Dapat terkena serangan jantung dan stroke

Itu dikarenakan kadar trigliserida, kolesterol jahat pada tubuh serta darah kalian akan lebih pekat. Ini dapat menimbulkan edapan lemak, penyempitan pembuluh darah pada tubuh yang dapat memicu serangan jantung dan stroke. 
Kopi juga dapat menyebabkan proses pemompaan pada jantung lebih dari biasanya. Maka dari itu orang yang memiliki gejala atau penyakit jantung untuk tidak berlebihan saat mengkonsumsi kopi.

Kopi dapat menimbulkan insomnia

Insomnia sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kalian. Sebab mengkonsumsi kopi atau kafein dengan secara berlebihan berlebihan dapat membuat kalian mengalami masalah untuk susah tidur atau yang sering disebut denga insomnia.

Ibu hamil mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan keguguran 

Dalam hal ini ibu hami yang mengkonsumsi kopi 100mg perharinya dapat menimbulkan keguguran pada janin. Ini sebabkan karena kafein pada kopi dapat meningkatkan denyut jantung dan akan mempengaruhi janin yang dapat menyerang plasenta serta masuk kedalam sirkulasi darah janin. Untuk itu buat para ibu yang sedang mengandung buah hatinya tidak di anjurkan untuk meminum kopi.

Menurunya daya tahan tubuh

Kandungan Niacin pada kopi merupakan zat senyawa yang kurang baik untuk tubuh. Itu dikarenakan zat senyawa tersebut dapat menyerap vitamin yang ada pada tubuh kita. Vitamin itu sendiri tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses yang terdapat pada tubuh kita. Maka dari itu disaran untuk mengkonsumsi kopi dalam dosis yang tepat.

Kecanduan kafein 

Untuk kalian yang gemar meminum kopi pada malam hari dengan bertujuan agar tetap terjaga atau tetap melek pada awalnya segelas atau secangkir kopi dapat membantu kita tetap terjaga. Tapi lama kelamaan hal ini dapat menimbulkan kecanduan pada kafein. Oleh karena itu minum lah dan atur waktu untuk mengkonsumsi kafein agar kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Sekian dari penjelasan dampak positif dan negatifnya kopi bagi tubuh semoga bermanfaat buat kalian yang sudah membacanya. Jangan lupa untuk like share dan berkomentar yaa guys..

Dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang mungkin dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.
Sekian terimakasih 

0 komentar