Contoh kebiasaan buruk manusia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh


Artikel ini kita akan memberikan informasi yaitu Kebiasaan buruk seseorang yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dari setiap orang pasti memiliki berbagai macam kebiasaan atau kegiatan yang baik itu disadari oleh kita maupun tidak kita sadari.

Salah satunya yaitu merokok dan mengkonsumsi makanan berlemak juga merupakan salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan. Namun, ternyata ada beberapa hal lain dari  kebiasaan keseharian kita yang memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan tanpa kalian sadari. Tak hanya tubuh tapi kesehatan mental anda. 

Contoh kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan 


1. Terlalu banyak duduk 

Tak jarang sehari-hari anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Baik itu dalam saat bekerja, maupun mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Tak jarang yang duduk dalam waktu lebih dari delapan jam sehari karena tuntutan aktivitas.

Padahal, hal ini adalah salah satu hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita karena dengan duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat memicu obesitas, meningkatkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan kolestrol.

Dan menurut sebuah studi oleh studi Oxford University pada tahun 2014 terhadap lebih dari 4 juta orang, mereka yang duduk lebih tinggi memiliki resiko terkena penyakit kanker. Secara khusus, setiap 2 jam duduk satu tempat akan meningkatkan risiko kanker. 

Mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas yang kuat selama 1 jam atau setidaknya cobalah untuk menggerakkan badan Anda beberapa menit setiap setengah jamnya. Dengan begitu, tubuh dan pikiran Anda tetap akan baik.


2. Kurang tidur atau sering berdagang malam

Waktu tidur normal manusia itu adalah 8jam, Jika kita terjaga pada malam hari kemudian kita tidur di esok paginya itu merupakan salah satu contoh kebiasaan yang tidak baik dan dapat membahayakan kesehatan kita.

Orang yang sering begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik keesokan harinya dan juga mengganggu waktu makan. Yang seharusnya kita sarapan jadi tidak sarapan karena waktu sarapan kita kita gunakan untuk tidur.

Menurut Profesor Valery Gafarov dari WHO, bahaya tidak kurang tidur mempunyai resiko terkena penyakit stroke, penyakit jantung, dengan tingkat yang sama seperti perokok rokok lama. 

Baca juga : 

3. Makan disaat tidak merasa lapar 

Hanya sekadar memakan cemilan atau melampiaskan diri dari rasa stres dengan makan yang terlalu sering mungkin akan dapat menimbulkan berlebihnya kalori pada tubuh anda. Kemudian, berat badan tubuh anda akan naik di atas normal dan akhirnya mengalami obesitas.

Obesitas juga dapat meningkatkan banyak resiko, tidak hanya diabetes, stroke, tetapi juga banyak penyakit lainnya yang bisa membahayakan buat tubuh kita. Pentingnya untuk menjaga waktu makan dan pola makan anda, agar berat badan tetap terjaga.

4. Malas melakukan olahraga

Kesibukan dengan aktifitas yang sangat padat, tentu akan membuat seseorang kehilangan waktu untuk berolahraga. Padahal dengan melakukan olahraga tidak harus melakukan olahraga berat.

Dengan membiasakan jalan kaki santai atau juga bisa dengan jogging setiap pagi juga merupakan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu luangkan lah waktu 30menit sampai dengan 1jam untuk melakukan olahraga agar kondisi tubuh kita tetap dalam kondisi fit. 

5. terlalu sering mengucek mata

Jika anda sering mengucek mata saat terkena debu atau saat mata lelah? Menguncek mata ternyata dapat meninggalkan tekanan cairan di dalam mati hampir sepuluh kali daripada jumlah biasa. Sering menggosok mata juga dapat berisiko tekanan intrakular, termasuk miopia dan glaucoma yang bisa menyebabkan kebutaan.


Sekian dari saya untuk penjelasan tentang Contoh kebiasaan buruk manusia yang dapat membahayakan kesehatan. Bila ada salah kata atau kurangnya informasi mohon maaf. Silakan berikan komentar bila ada yang kurang atau salah penggunaan bahasa, jangan lupa untuk share ke teman ataupun keluarga kalian. 

Sekian Terimakasih.

0 komentar